Selasa, 07 Januari 2014

Tips Merawat Sepatu


Sepatu Merupakan salah satu Fashion stuff  yang sangat penting. Bukan saja karena fungsinya sebagai alas kaki, namun juga sebagai pendukung penampilan dan gaya mu. Nah, oleh sebab itu , kita wajib merawat sepatu-sepatu tersayang kita agar tak lekang di makan oleh zaman dan cuaca  (^,^)

Kulitas dari sepatu yg dikenakan seseorang dapat menunjukan seberapa besar rasa penghargaan terhadap diri sendiri. Termasuk kualitas dari kebersihannya. Orang lain akan otomatis menghargai penampilan kita, Sepatu yang terawat dengan baik dan bersih, akan nyaman dikenakan. Menambah daya tarik dari penampilan dan tentunya rasa percaya diri. 

Supaya sepatu-sepatu favoritmu nggak gampang rusak. Yuk ikuti tips berikut 
  • Bersihkan kotoran sebelum di semir – Jangan pernah  menyemir sepatu kulit anda sebelum kotoran yang ada hilang. Karena ketika kita gosok, itu hanya akan menyebarkan kotorannya ke seluruh permukaan.
Untuk hasil maksimal bisa menggunakan saddle soap. Sabun ini dirancang khusus untuk membersihkan kulit tanpa merusak permukaan yang sensitif. Kemudian bersihkan dengan sikat atau kain yang lembut.
  • ·Semir secara rutin – Setelah bersih, semir sepatu kulit dengan produk wax/cream polish yang ada. Pastikan sepatu sudah kering sebelum disemir. Sesuaikan warna wax/cream dengan sepatu.
Tempelkan wax/cream ke sepatu. Kemudian  sikat hingga seluruh permukaan sepatu. Diamkan selama beberapa menit.
Lalu gosok dengan kain bersih hingga mengkilap. Sepatu kulit sebaiknya di semir setiap hari secara rutin.
  • Hindari menjemur sepatu langsung di bawah terik sinar matahari. Hal ini bertujuan agar permukaan sepatu tidak mudah rusak (pecah/kering) dan warna akan cepat pudar. Sepatu akan terlalu kering dan merusak bentuk aslinya.
  • ·Bersihkan sepatu sesuai jenis bahannya. Khusus untuk sepatu berbahan suede, bersihkan sepatu menggunakan sikat lembut khusus sepatu. Jika sulit menemukan sikat khusus sepatu suede, cukup rendam sepatu dengan detergent sampai noda-nodanya hilang.
Berbeda dengan bahan kulit dan suede, membersihkan sepatu kanvas merupakan hal yang paling mudah. Kamu bisa menggunakan sikat biasa untuk memberihkan noda-noda yang menempel. Namun ada satu yang perlu diperhatikan dalam mencuci sepatu berbahan kanvas. Perhatikan saat membilas, pastikan sepatu kanvasmu bersij dari sisa-sisa air detergen. Karena sepatu kanvas ini sangat menyerap air, bilas sepatu sampai sampai busanya yang menempel pada sepatu hilang ya!
  • Bersihkan kotoran lumpur ketika kering – Lumpur di sepatu” sangat sering kita alami. Pada sneakers noda lumpur biasanya agak sulit dibersihkan. Karena sneakers biasa dipakai di lingkungan outdoor. Jangan bersihkan ketika lumpur masih basah, hal tersebut hanya akan memperparah keadaan. Lumpur akan tersebar ke seluruh permukaan. Jika sudah kering, bisa benturkan bagian yang terkena lumpur. Agar kotoran lumpur rontok dan lebih mudah dibersihkan.
  • ·Hindari mencuci dengan mesin cuci – Sepatu akan cepat rusak dan berkerut. Beberapa lem di sepatu juga akan mudah lepas. Ada baiknya Anda mencucinya dengan sikat dan sabun/deterjen.
Sepatu sneakers  canvas biasanya agak sulit dibersihkan. Jangan menunda, karena semakin lama, kotorannya yang menempel akan sulit dibersihkan. Jangan menggunakan pemutih jika sepatu banyak terdapat variasi warna yang cukup banyak.
  • ·Gunakan baking soda untuk penghilang bau – Anda bisa taburkan baking soda pada bagian dalam sepatu di malam hari.  Lalu Anda bersihkan taburannya di pagi  selain baking soda bisa juga menggunakan bedak bayi atau bedak antipespirant
  • ·Segera keringkan jika terkena basah – Jangan biarkan terlalu lama sepatu  terkena air. Jika kehujanan, segera keringkan dengan lap kering atau tisu. Untuk bagian dalam sepatu yang basah, gunakan kertas koran.
Masukkan kertas koran ke dalam sepatu. Kemudian posisikan sepatu pada posisi berdiri agar cepat kering.Jangan gunakan pemanas buatan seperti hair dryer, dll. Karena akan merusak kulit dari sepatu tersebut. Biarkan sepatu kulit kering secara natural.
  • ·Keringkan kaki – Kaki yang basah akan membuat kaus kaki juga basah. Kondisi di dalam sepatu akan menjadi lembab. Jika terus-menerus melakukan hal ini, akan memicu bakteri dan kuman di dalam sepatu yang tentunya tidak baik baik bagi kesehatan kaki. Selain itu, sepati juga akan menjadi bau.
  • ·Beri jeda pemakaian sepatumu! Jangan gunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut ya, agar sepatumu tak mudah rusak dan awet.
    Shoes Organizer: menyimpan sepatumu dengan rapi dan tidak memakan tempat. bisa di pesan di Sehat Cantik OlShop
  • ·Simpan dengan baik dan rapih. Simpan sepatu pada kotaknya. Atau bisa juga letakkan di rak khusus sepatu. Jangan buang sillica gel yang ada di dalam kotak sepatumu ya! Sillica gel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar